Disperindag Aceh Buka Pendaftaran Seleksi Calon Anggota BPSK untuk Wilayah Kerja Aceh Utara

| 16-07-2019   16:10:51 WIB | dilihat kali

Disperindag Aceh Buka Pendaftaran Seleksi Calon Anggota BPSK untuk Wilayah Kerja Aceh Utara

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh membuka pendaftaran seleksi calon anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) untuk Kabupaten Aceh Utara periode 2019-2024.

Pendaftaran dibuka mulai 1 hingga 15 Juli 2019, dan untuk formulir pendaftaran dan persyaratan dapat diunduh melalui website Disperindag Aceh atau klik tautan ini.

Bisa juga mendatangi Sekretariat BPSK Kabupaten Aceh Utara di Jalan Tgk Chik Ditiro Nomor 1 Lhokseumawe.

Kepala Disperindag Aceh, Drs Muhammad Raudhi MSi dalam keterangan tertulis yang diterima Serambinews.com, Minggu (30/6/2019) mengatakan, pembentukan BPSK mengacu pada pasal 49 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Dikatakan, Provinsi Aceh terdapat empat lembaga BPSK yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden RI yaitu di Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Ia menjelaskan, BPSK mempunyai tugas untuk melakukan penyelesaian sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha diluar pengadilan dengan cara mediasi, konsiliasi atau arbitrase dengan cepat dan murah.

"Dari empat BPSK yang ada di Aceh, hanya satu BPSK yang telah beroperasi yaitu BPSK kabupaten Aceh Utara dan saat ini telah habis masa keanggotaanya," kata Muhammad Raudhi.

Sebab itu pihaknya memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berdomisili di Aceh Utara untuk mendaftarkan diri sesuai persyaratan.

Di antaranya tergabung dalam organisasi Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) atau perwakilan Assosiasi Pedagang atau tokoh masyarakat yang sudah memiliki persyaratan dan bergerak pada kegiatan perlindungan konsumen.

"Dengan nanti terpilihnya anggota BPSK Kabupaten Aceh Utara yang baru, tentu konsumen lebih terlindungi dalam setiap transaksi perdagangan atau selama pemanfaatan barang dan jasa," demikian Muhammad Raudhi.(*)



Sumber: https://aceh.tribunnews.com/2019/06/30/disperindag-aceh-buka-pendaftaran-seleksi-calon-anggota-bpsk-untuk-wilayah-kerja-aceh-utara

Facebook Twitter Google Digg Reddit LinkedIn Pinterest StumbleUpon Email

Hadis-hadis pilihan
" Tiga perkara berasal dari iman: (1) Tidak mengkafirkan orang yang mengucapkan "Laailaaha illallah" karena suatu dosa yang dilakukannya atau mengeluarkannya dari Islam karena sesuatu perbuatan; (2) Jihad akan terus berlangsung semenjak Allah mengutusku sampai pada saat yang terakhir dari umat ini memerangi Dajjal tidak dapat dirubah oleh kezaliman seorang zalim atau keadilan seorang yang adil; (3) Beriman kepada takdir-takdir. (HR. Abu Dawud) "